Program Sekolah Tahfidz Iqra’ YIP
Tahfidz Iqra' YIP
Program Pendidikan Tahfidz Iqra yip
Program Pendidikan di Tahfidz Iqra’ dan Metode Pembelajaran Al Qur’an Sekolah Tahfizh Iqro oleh yip

I'dad tahfizhi (Kelas Persiapan)
●Ikhwan/Akhwat
●Hafal 1 Juz & khatam bacaan 3 Juz
●Usia 6-8 tahun/Non Asrama
●Masa pendidikan 1,5 tahun
●Metode nuraniyyah, lauhun & asy syafi'i (iqro')

Tahfizh Ibtida'i (kelas dasar)
●Ikhwan/Akhwat
●Hafal 2 Juz & khatam bacaan 30 Juz
●Usia 8-9 tahun/Non Asrama
●Masa pendidikan 2 tahun
●Metode Nuraniyyah,Talaqqi & Pakistani

Tahfizh Istimrari (kelas lanjutan)
●Ikhwan/Akhwat
●Usia 9 -12 tahun/ Non asrama
●Target hafal 30 Juz
●Masa pendidikan 3,5 tahun
●2 halaman per hari
●Metode Talaqqi & Pakistani
●Memiliki hafalan min.2 juz
●Berijazah Sanad Qiro'ah 'Ashim Riwayat Hafsh
(Bagi yang Lulus Ujian Sanad)

Tahfizh Mujalli Akhwat (kelas khusus)
●Usia 11-15 tahun/Asrama
●Target hafal 30 Juz
●Masa Pendidikan 2,5 tahun
● 3 halaman per hari
●Metode pakistani
●Memiliki hafalan min.3 Juz
●Berijazah Sanad Qiro'ah 'Ashim Riwayat Hafsh
(Bagi yang Lulus Ujian Sanad)

Tahfizh Mujalli Ikhwan (kelas khusus)
●Usia 11-13 tahun/Non Asrama
●Target hafal 30 Juz
● 3 halaman per hari
●Masa Pendidikan 2,5 tahun
●Metode pakistani
●Memikili hafalan min. 3 Juz
●Berijazah Sanad Qiro'ah Hafsh An 'Ashim
(Bagi yang Lulus Ujian Sanad)
Metode Pembelajaran Al Qur'an Sekolah Tahfizh Iqro yip

1. KBM Tahfizh
● Metode Pakistani
a.Sabak/hafalan baru
b.Sabki/hafalan yg kemarin
c.Manzil/hafalan yg tidak lancar
d.Manzil lazimah/hafalan yg sudah lancar
e.Wajibatul manziliyyah/tugas hafalan rumah
● Metode talaqqi/musyafahah
Qiro'ah 'Ashim riwayat Hafsh Jalur Syathibiyyah

2. KBM Tahsin Tilawah/BBQ
● Metode nuraniyyah, asy syafi'i (iqro') & lauhun

3. Hafalan Matan & Kitab ilmu Tajwid
● Matan tuhfatul athfal & Matan jazariyyah
● Dasar-dasar tilawah shahihah & riyadhoh (khusus kelas mujalli)
● Tajwid lengkap asy syafi'i & Cahaya Mutasyabihat (khusus yang telah selesai 30 Juz)
● Kaidah-kaidah qiro'ah 'ashim riwayat hafsh jalur syathibiyyah (khusus yang telah selesai 30 juz)

4. Tasmi' bacaan quran & hafalan qur'an
● Bacaan 30 juz
● Hafalan per juz : 2,3, 5,10,15,20,30
● Akhir surat/juz khusus yg telah khatam hafalan 30 Juz
● Hafalan 30 juz

5. Ujian kenaikan Juz
● per juz
● per 5 juz
● per 10 juz
● per 15 juz
● per 20 juz
● per 25 juz
● per 30 juz

6.Sanadisasi/Proses pengambilan Ijazah Sanad 30 Juz
1. per juz
2. per 3 juz
3. per 5 juz
4. per 10 juz
5. per 15 juz
6. per 20 juz
7. per 25 juz
8. per 30 juz
Catatan:
● Sanad/isnad adalah mata rantai/sandaran/bersambung bacaan sampai kepada Rasulullah
صلى الله عليه وسلم
● Sanad terbagi 2 yaitu:
1.Sanad Bacaan (harus mutqin bacaan 30 juz)
2.Sanad Ijazah ( harus mutqin hafalan 30 juz )
● Tasmi’ adalah membacakan hafalan atau bacaan dan tasmi’ terbagi 2 yaitu munfarid/sendiri-sendiri dan jama’i/berjama’ah
● Talaqqi/Musyafahah adalah metode guru membacakan ayat qur’an di depan santri lalu santri mengikuti
● khusus santri yang telah selesai ujian 30 juz maka akan di berikan sertifikat/syahadah hafalan
● Metode nuraniyyah adalah metode dasar cara belajar baca al-qur’an sesuai kaidah rasm utsmani yang di adopsi dari negeri timur tengah dengan cara tahajji/mengeja
● Metode lauhun adalah metode cara tulis menulis huruf hijaiyyah atau ayat qur’an yang akan di baca atau di hafal yg di adopsi dari negeri mauritania/maghrib dengan menggunakan papan tulis kecil
● Metode asy syafi’i adalah metode pembelajaran belajar baca al-qur’an dari dasar yg di kombinasikan dengan pembahasan makhorijul huruf beserta sifat huruf dll
● Metode pakistani adalah metode pembelajaran tahfizhul qur’an yg di adopsi dari negeri pakistan terdiri dari 3 sistem yaitu: Sabak,Sabki & Manzil.
1.Sabak adalah hafalan baru
2.Sabki adalah mengulang hafalan yg sedang di hafal
3.Manzil atau lebih di kenal dengan istilah muraja’ah adalah mengulang juz/surat yang sudah di hafal sebelumnya.
yip
Materi Diniyah YIP
Preview
Sekelumit materi diniyah YIP
YIP memberikan pendidikan di sekolah Tahfidz Iqro yip dengan materi keagamaan yang berdasar. YIP sangat memperhatikan materi dalam pendidikan Agama Islam. Materi Diniyah yip sebagai berikut.
FIQIH
Ilmu yang menerangkan segala hukum agama yang berhubungan dengan pekerjaan mukallaf bersasarkan dalil-dalil yang jelas. YIP menyampaikan ini untuk kesempurnaan beribadah
Aqidah
YIP menanamkan Keyakinan terhadap sesuatu yang bersifatkan tauqifiyyah (berasaskan dalil al-Qur’an dan As Sunnah). Atau dikenal juga sebagai ilmu yang mempelajari rukun iman yang enam yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab-kitab, Iman kepada Nabi dan Rasul, Iman kepada Hari Akhir dan Iman kepada Qadha dan Qadar (Taqdir)
SIRAH
Dalam Hal Sirah, YIP Membicarakan perihal kisah perjalanan hidup Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Nabi-Nabi sebelum beliau dan juga orang-orang terdahulu berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits-hadits yang shahih
Adab
YIP memperhatikan Perilaku dan sikap yang yang dianjurkan didalam ajaran islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Assunnah dengan mengikuti contoh dari suri tauladan umat ini yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana yang disebutkan oleh ummul mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya sikap dan perilaku beliau bagaikan Al-Qur’an yang berjalan
Bahasa Arab
YIP memberikan pelajaran Bahasa Arabyang merupakan bahasa Al-Qur’an dan As-Sunnah, seorang muslim tidak akan memahami agamanya dengan baik melainkan dengan mempelajari nya. Umar ibn Khattab pernah berkata : ”ta’allamu al Arabiyyah fainnaha min diinikum” (pelajarilah bahasa arab, karena bahasa arab merupakan bagian dari agama kalian)
Daring di YIP – Menuju satu tahun

Buletin
Daring
sudah hampir satu tahun di yip
Tidak terasa sudah menuju satu tahun pembelajaran daring dilakukan yip. Banyak sekali evaluasi setiap pekannya yang dilakukan oleh kami para guru sebagai tim pengajar yip. Bagaimana agar pembelajaran dibuat semenarik mungkin agar anak tetap fokus pada layar dan menyimak.
Hal yang sama juga dirasakan oleh orang tua wali siswa yip. Semangat serta sabar sangat dibutuhkan selama mendampingi anak belajar di yip dalam metode daring. Belum lagi konflik dengan adik yang ingin ikut belajar dengan sang Kakak. Memang ketika pembelajaran di rumah dilakukan peran serta dukungan keluarga sangat diperlukan.
Boleh di swipe untuk tips menyikapi pembelajaran daring di yip. Semoga membantu. Semangat Bunda
#pjj #pembelajarandaring #zoommeetings
https://www.instagram.com/p/CLlSXoyD1iq/?igshid=vfzj0v1ifj5q




LITERASI YIP

Ada anggapan literasi sebatas baca, tulis dan hitung. Padahal kemampuan tersebut terkait dengan penalaran, menganalisa dan memecahkan masalah sebagai proses belajar anak sesuai dengan tahapannya, yip
Yayasan Iting Partadiredja - YIP
LITERASI
Ada anggapan literasi sebatas baca, tulis dan hitung. YIP berpendapat bahwa kemampuan tersebut terkait dengan penalaran, menganalisa dan memecahkan masalah sebagai proses belajar anak sesuai dengan tahapannya.
Fenomena saat ini, yip menilai anak lebih tertarik bermain dengan smartphone di banding permainan yang bisa mengasah daya nalar seperti bermain plastisin, lego, puzzle atau baca buku.
TK Anak Sholeh, yip, mengembangkan berbagai kegiatan yang menunjang kemampuan keterampilan literasi,
diantaranya:
– Jurnal yip. Anak menuangkan gagasan dalam bentuk gambar atau tulisan yang dikaitkan dengan tema tertentu. Anak belajar mengenal bunyi huruf, kata, ciri-ciri dari huruf tersebut.
– Circle time yip. Guru dan anak berdiskusi tentang banyak hal. Anak diberi kesempatan bertanya, menyampaikan pendapat bahkan mengoreksi jika ada kekeliruan yang perlu diluruskan.
– yip mengenalkan buku sebagai sumber referensi . Anak mulai diperkenalkan tentang judul, penulis, halaman, cara membuka buku, posisi atas dan bawah, pengertian kata dan kalimat. Buku harus menjadi bagian yang menarik bagi anak untuk memperoleh pengetahuan, pengembaraan pikiran dan fantasi.
– yip memberikan kesempatan bermain seperti plastisin, lego, atau sains. Kegiatan tersebut dapat membangun kemampuan berpikir, menambah kosa kata, melatih kerja keras, ketekunan, dan fokus. Semuanya berkaitan dengan literasi.. yip

MATEMATIKA YIP

TK Anak Sholeh merancang kegiatan belajar matematika melalui bermain agar anak tertarik dan diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari
Yayasan Iting Partadiredja
MATEMATIKA
Banyak orang tua yang beranggapan mengajarkan matematika pada anak usia dini sebatas mengenal angka, berhitung, belajar penjumlahan dan pengurangan. Aktivitasnya tidak jauh dari menebalkan, mengerjakan soal-soal di Lembar Kerja Sekolah (LKS).
Bagi anak, cara tersebut membuat matematika dianggap sebagai pelajaran sulit dan membosankan. Ditambah lagi orang tua yang tidak memahami cara belajar anak, sehingga traumatik matematika menjadi turun temurun.
Ini dikarenakan ketidakpahaman filosofi belajar matematika. Padahal matematika tidak hanya berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan atau angka. Matematika memiliki cakupan luas untuk mengembangkan kemampuan logika dan berpikir kritis. Bahkan, matematika bisa menjadi solusi dalam masalah sehari-hari.
Karenanya, TK Anak Sholeh merancang kegiatan belajar matematika melalui bermain agar anak tertarik dan diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.
Alat main yang digunakan tidak perlu yang mahal, menggunakan benda yang ada. Kegiatan bisa meliputi klasifikasi, meniru dan membuat pola, menyebut urutan bilangan, menghitung jumlah benda di sekitar, mengamati ciri-ciri benda dan bentuk angka, menulis angka di pasir atau membuat bentuk angka dari plastisin.
Dalam keseharian, bisa diajukan pertanyaan yang memberikan pengalaman matematika. “Berapa kue yang kamu mau? Mana yang lebih banyak, pinsilmu atau pinsil temanmu?”
Jadi, siapa bilang belajar matematika tidak asyik. Anak-anak bisa tetap antusias dan gembira ketika belajar matematika dimanapun dan kapanpun.

SEKILAS TK ANAK SHOLEH YIP

Setiap anak adalah bintang yang kelak akan bersinar menjadi penebar cahaya, meluaskan manfaat di muka bumi
Yayasan Iting Partadiredja - YIP
SEKILAS TK ANAK SHOLEH YIP
Yayasan Iting Partadiredja, yip bergerak dalam bidang sosial pendidikan. Dalam rangka mewujudkan visi misi lembaga yaitu turut berkontribusi bagi masyarakat, tahun 2014 yip merintis sekolah TK bagi anak usia dini , 3-6 tahun.
TK Anak Sholeh yip, didirikan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar yang tergolong pasangan muda. Umumnya, mereka membutuhkan lembaga pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan jarak yang terjangkau.
Penyelenggaraan layanan pendidikan yang dilakukan yip ditujukan untuk membangun keimanan, membentuk akhlaq, membangun semua aspek perkembangan anak. Kegiatan belajar dikemas dalam suasana yang menarik melalui kegiatan bermain.
Pendekatan yang digunakan yip adalah Beyong Centre and Circle Time (BCCT) dengan menitikberatkan pada pembentukan karakter Islam pada anak. Dengan pendekatan ini, semua kecerdasan anak dapat terstimulasi sehingga potensi setiap anak terasah. Ini sesuai dengan folosofi kami tentang anak, setiap anak adalah bintang yang akan kelak bersinar menjadi penebar cahaya, meluaskan manfaat di muka bumi.

Info Anak Sholeh
Konsep Diri
Yayasan Iting Partadiredja - YIP
Membangun konsep diri anak penting. Ia ibarat pondasi yang diatasnya muncul berbagai karya dan kerja. Hanya orang dengan konsep diri positif mampu melakukan tidakan-tindakan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.
Konsep diri adalah cara seseorang memandang dirinya, dan ini terbentuk melalui berbagai pengalaman secara terus menerus. ia dipengaruhi oleh kualitas interaksi dengan lingkungan terutama orang-orang terdekat dan bagaimana lingkungan memberikan penilaian.
Kasih sayang orang tua sangat berperan, karena membuat anak merasa disayang, dirinya berharga, berguna. Dengan adanya perasaan diterima oleh keluarga, anak menjadi berani untuk bereksplorasi mencoba berbagai tantangan.
Munculah sikap tanggung jawab, berani, ulet, mandiri, kerja keras, kemudian membentuk konsep diri positf. Untuk itu penting bagi orang tua memberikan ruang bagi anak bereksplorasi dan mengapresiasi apapun hasil usaha anak. Penghargaan pada apa yang telah dia lakukan memberikan dampak besar bagi masa depan anak.
Untuk itu orang tua dan guru berperan besar dalam membentuk konsep diri anak dan bukanlah hal yang terlalu sulit. Yang penting anak diterima apa adanya, menjaga ucapan, perbuatan yang membuat anak merasa disayang, dihargai, didukung dan dituntun.

Setiap Anak Juara

Buletin
Setiap Anak Juara
Setiap anak unik, karenanya tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainya. Karena itu kami lebih focus untuk membangun rasa percaya diri bahwa semua anak memiliki potensi yang bisa digali melalui kegiatan asyik dan menarik. Guru meyakinkan anak bahwa semua bisa maju bersama bukan dengan cara kompetisi satu sama lain melainkan dengan cara bekerja sama.
Hal lain yang lebih penting menanamoak niat belajar karena Allah tertanam pada orang tua dan anak. belajar bukan sekedar menjadi pintar. Menuntut ilmu adalah pengembangan dalam lautan ilmu Allah yang begitu luas. Seharusnya ilmu membawa pada kesadaran makna hidup.


Bermain itu Seru

Bermain itu seru
Itulah alasan kenapa jika anak ditanya mau meaukan apa jawabanya, “main”. Lantas orang tua dengan kening berkerur menjawab, “main terus, kapan belajarnya?” Dan anak dipaksa duduk mengerjakan soal dilembar kerja.
Tidak sedikit orang tua yang belum paham bahwa bermain itu sama dengan belajar bagi anak. Karena melalui bermain anak bisa belajar banyak dan jadi tahu banyak. Anak memahami berbagai konsep, mulai tentang warna, ukuran, bentuk, bau, perubahan, dengan cara yang menyenangkan.

Untuk itu orang tua diajak melakukan apa yang anak alami setiap hari disekolah. Ada kegiatan jurnal membuat plastisin, dan membuat kreasi seni. Orang tua nampak antusias melakukanya. Setiap kegiatanmemberikan tantangan. Dan yang penting suasana gembira membuat semua seolah tidak sedang belajar.
Dari ragam kegiatan yang anak lakukan, harapanya orang tua tahu cara menstimulasi anak di rumah. Ketika mengajak anak bermain, bukan alat gadget yang diberikan. Menstimulasi syaraf sensorik motorik dengan menyediakan kegiatan mainsehingga anak bisa berekspresi dengan seluruh panca indra.

